- Daftar
- 23 Aug 2022
- Pesan
- 230
- Solusi
- 124
- Skor reaksi
- 3,235
- Poin
- 343
Bagian #1
1. Manda mengamati komponen-komponen penyusun ekosistem taman sekolah. Hasil pengamatan yang diperoleh Manda sebagai berikut.
1) Tanah
2) Tanaman palem
3) Ulat daun
4) Batu
5) Jamur
6) Kerikil
7) Cacing tanah
8) Batu bata
Pengelompokan komponen biotik dan abiotik penyusun ekosistem taman sekolah yang tepat adalah . . . .
2. Hari menemukan beberapa jenis organisme di sekitar rumahnya. Organisme yang ditemukan antara lain cacing tanah, kutu kayu, dan luing. Di dalam ekosistem, organisme tersebut berperan sebagai . . . .
a. konsumen sekunder
b. konsumen primer
c. dekomposer
d. detritivor
e. produsen
3. Sekelompok kelinci dan kambing di padang rumput yang saling berinteraksi akan membentuk . . . .
a. bioma
b. individu
c. populasi
d. ekosistem
e. komunitas
4. Di dalam ekosistem sungai terdapat fitoplankton, zooplankton, udang, kepiting, Algae, teratai, dan ikan sepat. Organisme autotrof penyusun ekosistem tersebut, yaitu . . . . a. fitoplankton, zooplankton, dan udang
b. zooplankton, ikan sepat, dan Algae
c. fitoplankton, Algae, dan teratai
d. kepiting, udang, dan ikan sepat
e. teratai, Algae, dan kepiting
5. Dandi melakukan pengamatan di ekosistem sawah. Saat melakukan pengamatan di ekosistem tersebut, Dandi menemukan beberapa jenis organisme, seperti wereng cokelat, katak, walang sangit, jamur, tomcat, dan ular sawah. Peran walang sangit dan wereng cokelat dalam ekosistem tersebut adalah . . . .
a. pengurai
b. produsen
c. konsumen tersier
d. konsumen primer
e. konsumen sekunder
6. Interaksi berikut yang menunjukkan kompetisi interspesifik adalah . . . .
a. dua serigala jantan berkelahi memperebutkan daerah kekuasaan
b. burung blekok dan burung kuntul mempe- rebutkan ikan kecil
c. sesama singa jantan berkelahi mempe- rebutkan singa betina
d. sesama ayam betina berkelahi mempe- rebutkan makanan
e. dua ekor ular sawah memperebutkan tikus
7. Di halaman rumah Bu Yasmin terdapat tanaman mangga. Pada batang pohon mangga tersebut terdapat tumbuhan paku simbar menjangan. Pola interaksi yang terjadi antara pohon mangga dan tumbuhan paku simbar menjangan adalah . . . .
a. pohon mangga dan tumbuhan paku simbar menjangan saling menguntungkan
b. pohon mangga diuntungkan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan dirugikan
c. pohon mangga dirugikan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan diuntungkan
d. pohon mangga dirugikan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan tidak terpengaruh
e. pohon mangga tidak terpengaruh, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan diuntungkan
8. Di dalam ekosistem dapat terjadi interaksi antara tanaman raflesia dengan akar tumbuhan liana. Bentuk interaksi antara kedua makhluk hidup tersebut sama dengan bentuk interaksi antara . . . .
a. tumbuhan lumut dengan pangkal pohon cemara
b. tumbuhan benalu dengan pohon rambutan
c. lebah dengan tumbuhan berbunga
d. ikan badut dengan anemon laut
e. ikan hiu dengan ikan remora
9. Dalam ekosistem kebun ditanami beberapa tanaman cabai, ada enam ekor ayam yang sedang mencari makan, dan beberapa ekor burung pipit hinggap di dahan pohon mangga. Di batang pohon mangga juga terdapat banyak semut. Terlihat seorang pemilik kebun sedang menyirami sebatang tanaman jambu air dan memberi makan tujuh ekor kelinci. Berdasarkan uraian tersebut, jumlah populasi yang terdapat dalam ekosistem tersebut sebanyak . . . .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
10. Jamur Penicillium sp. termasuk jamur yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan antibiotik. Jamur ini dapat berinteraksi dengan bakteri Gram positif. Jamur Penicillium sp. menghasilkan racun yang dapat menghambat atau mematikan bakteri Gram positif. Sementara itu, jamur Penicillium sp. tidak memperoleh apa-apa atas kematian bakteri tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, interaksi antara jamur Penicillium sp. dengan bakteri Gram positif disebut . . . .
a. kompetisi intraspesifik
b. kompetisi interspesifik
c. simbiosis komensalisme
d. simbiosis amensalisme
e. simbiosis parasitisme
Kunci Jawaban
Sumber: IP Kelas X Kurikulum Merdeka
1. Manda mengamati komponen-komponen penyusun ekosistem taman sekolah. Hasil pengamatan yang diperoleh Manda sebagai berikut.
1) Tanah
2) Tanaman palem
3) Ulat daun
4) Batu
5) Jamur
6) Kerikil
7) Cacing tanah
8) Batu bata
Pengelompokan komponen biotik dan abiotik penyusun ekosistem taman sekolah yang tepat adalah . . . .
Komponen Biotik | Komponen Abiotik | |
---|---|---|
a. | 1), 4), 6), dan 8) | 2), 3), 5), dan 7) |
b. | 2), 3), 5), dan 7) | 1), 4), 6), dan 8) |
c. | 2), 4), 7), dan 8) | 1), 3), 5), dan 6) |
d. | 3), 4), 5), dan 7) | 1), 2), 6), dan 8) |
e. | 3), 5), 7), dan 8) | 1), 2), 4), dan 6) |
2. Hari menemukan beberapa jenis organisme di sekitar rumahnya. Organisme yang ditemukan antara lain cacing tanah, kutu kayu, dan luing. Di dalam ekosistem, organisme tersebut berperan sebagai . . . .
a. konsumen sekunder
b. konsumen primer
c. dekomposer
d. detritivor
e. produsen
3. Sekelompok kelinci dan kambing di padang rumput yang saling berinteraksi akan membentuk . . . .
a. bioma
b. individu
c. populasi
d. ekosistem
e. komunitas
4. Di dalam ekosistem sungai terdapat fitoplankton, zooplankton, udang, kepiting, Algae, teratai, dan ikan sepat. Organisme autotrof penyusun ekosistem tersebut, yaitu . . . . a. fitoplankton, zooplankton, dan udang
b. zooplankton, ikan sepat, dan Algae
c. fitoplankton, Algae, dan teratai
d. kepiting, udang, dan ikan sepat
e. teratai, Algae, dan kepiting
5. Dandi melakukan pengamatan di ekosistem sawah. Saat melakukan pengamatan di ekosistem tersebut, Dandi menemukan beberapa jenis organisme, seperti wereng cokelat, katak, walang sangit, jamur, tomcat, dan ular sawah. Peran walang sangit dan wereng cokelat dalam ekosistem tersebut adalah . . . .
a. pengurai
b. produsen
c. konsumen tersier
d. konsumen primer
e. konsumen sekunder
6. Interaksi berikut yang menunjukkan kompetisi interspesifik adalah . . . .
a. dua serigala jantan berkelahi memperebutkan daerah kekuasaan
b. burung blekok dan burung kuntul mempe- rebutkan ikan kecil
c. sesama singa jantan berkelahi mempe- rebutkan singa betina
d. sesama ayam betina berkelahi mempe- rebutkan makanan
e. dua ekor ular sawah memperebutkan tikus
7. Di halaman rumah Bu Yasmin terdapat tanaman mangga. Pada batang pohon mangga tersebut terdapat tumbuhan paku simbar menjangan. Pola interaksi yang terjadi antara pohon mangga dan tumbuhan paku simbar menjangan adalah . . . .
a. pohon mangga dan tumbuhan paku simbar menjangan saling menguntungkan
b. pohon mangga diuntungkan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan dirugikan
c. pohon mangga dirugikan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan diuntungkan
d. pohon mangga dirugikan, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan tidak terpengaruh
e. pohon mangga tidak terpengaruh, sedangkan tumbuhan paku simbar menjangan diuntungkan
8. Di dalam ekosistem dapat terjadi interaksi antara tanaman raflesia dengan akar tumbuhan liana. Bentuk interaksi antara kedua makhluk hidup tersebut sama dengan bentuk interaksi antara . . . .
a. tumbuhan lumut dengan pangkal pohon cemara
b. tumbuhan benalu dengan pohon rambutan
c. lebah dengan tumbuhan berbunga
d. ikan badut dengan anemon laut
e. ikan hiu dengan ikan remora
9. Dalam ekosistem kebun ditanami beberapa tanaman cabai, ada enam ekor ayam yang sedang mencari makan, dan beberapa ekor burung pipit hinggap di dahan pohon mangga. Di batang pohon mangga juga terdapat banyak semut. Terlihat seorang pemilik kebun sedang menyirami sebatang tanaman jambu air dan memberi makan tujuh ekor kelinci. Berdasarkan uraian tersebut, jumlah populasi yang terdapat dalam ekosistem tersebut sebanyak . . . .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
10. Jamur Penicillium sp. termasuk jamur yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan antibiotik. Jamur ini dapat berinteraksi dengan bakteri Gram positif. Jamur Penicillium sp. menghasilkan racun yang dapat menghambat atau mematikan bakteri Gram positif. Sementara itu, jamur Penicillium sp. tidak memperoleh apa-apa atas kematian bakteri tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, interaksi antara jamur Penicillium sp. dengan bakteri Gram positif disebut . . . .
a. kompetisi intraspesifik
b. kompetisi interspesifik
c. simbiosis komensalisme
d. simbiosis amensalisme
e. simbiosis parasitisme
Kunci Jawaban
Sumber: IP Kelas X Kurikulum Merdeka