Bank Soal Ruang Lingkup Biologi

Vicry

Anggota terkenal
Anggota Staf
Guru
Daftar
23 Aug 2022
Pesan
223
Solusi
124
Skor reaksi
2,931
Poin
343
Bagian #1

1. Objek kajian Biologi berupa tingkat organisasi makhluk hidup dari yang terkecil hingga yang terbesar. Tingkat organisasi kehidupan paling kecil adalah . . . .

a. sel
b. organ
c. jaringan
d. organisme
e. sistem organ

2. Pernyataan yang menunjukkan ciri Biologi sebagai ilmu adalah . . . .

a. Hasil kajiannya bersifat subjektif
b. Menggunakan cara berpikir irasional
c. Teori yang dihasilkan berlaku khusus
d. Mempunyai objek kajian berupa benda abstrak
e. Dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris

3. Dalam objek kajian Biologi, kumpulan ekosistem di dunia akan membentuk . . . .

a. bioma
b. biosfer
c. populasi
d. komunitas
e. organisme

4. Gambar di samping menunjukkan organisasi kehidupan pada tingkat . . . .

epitel-kubus-selapis.png


a. sistem organ
b. organisme
c. jaringan
d. organ
e. sel

5. Pada tubuh, proses pembentukan urine terjadi di dalam ginjal. Ginjal dipelajari dalam organisasi kehidupan di tingkat . . . .

a. sel
b. organ
c. jaringan
d. organisme
e. sistem organ

6. Contoh organisasi kehidupan di tingkat populasi ditunjukkan oleh gambar . . . .

a.
jerapah.webp

b.
harimau.webp

c.
beruang.webp

d.
zebra-dan-burung-unta.webp

e.
zebra-gajah-tumbuhan.webp


7. Keberadaan wereng cokelat di sawah dapat menyebabkan petani padi mengalami kerugian karena hasil panennya menurun. Peranan Biologi yang berwawasan lingkungan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah . . . .

a. menciptakan tanaman padi transgenik antihama
b. membasmi wereng cokelat dengan insektisida kimia
c. mengganti tanaman padi dengan tanaman pertanian yang lain
d. memusnahkan tanaman padi yang terserang hama wereng cokelat
e. mengendalikan populasi wereng cokelat menggunakan predator alami

8. Perhatikan gambar berikut!

pinguin-ayam-burung.webp


Cabang Biologi yang mempelajari ketiga organisme tersebut adalah . . . .

a. Fikologi
b. Bryologi
c. Mikologi
d. Ornitologi
e. Herpetologi

9. Bioteknologi merupakan salah satu cabang Biologi yang termasuk ilmu terapan. Contoh peranan Bioteknologi di bidang lingkungan adalah . . . .

a. pembuatan dan penggunaan obat sintetis
b. mengendalikan wabah penyakit di suatu daerah
c. mengontrol proses kimia dalam tubuh makhluk hidup
d. mendeteksi penyakit yang menyerang hewan dan tumbuhan
e. penggunaan bakteri untuk mengurai tumpahan minyak di laut

10. Taksonomi dan Mikrobiologi merupakan cabang Biologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk . . . .

a. menghasilkan senyawa antihama pada tanaman padi
b. memproduksi jenis makanan yang bernilai gizi tinggi
c. mengidentifikasi jenis-jenis mikrob penyebab penyakit
d. mengidentifikasi jenis-jenis hama serangga pada tanaman budi daya
e. menemukan vaksin untuk mengatasi infeksi virus jenis baru

Kunci Jawaban
 
Terakhir diedit oleh moderator:
Bagian #2

1. Anton ingin menumbuhkan biji kacang tanah di dalam media tanam. Dalam percobaannya, Anton membuat media tanam berupa kapas yang telah diberi air. Selanjutnya, Anton meletakkan beberapa biji kacang tanah di media tanam tersebut. Setelah beberapa hari ternyata biji kacang tanah tersebut tidak tumbuh sama sekali. Anton tidak tinggal diam dengan hasil percobaannya. Anton mencari penyebab tidak tumbuhnya biji kacang tanah tersebut. Sikap yang dilakukan Anton menunjukkan sikap ilmiah seorang peneliti, yaitu . . .

a. memiliki rasa ingin tah
b. terbuka dan fleksibe
c. bertanggung jawa
d. berani mencob
e. ulet dan gigih

2. Cermati pernyataan-pernyataan berikut!

1) Aktif melakukan penelitian di lingkungan.
2) Mengubur hewan percobaan setelah selesai menggunakannya.
3) Membuang bahan-bahan kimia pada tempat yang telah disediakan
4) Menjaga keselamatan tim dan keselamatan lingkungan selama melakukan penelitian
5) Membaca referensi sebanyak-banyaknya untuk menemukan teori-teori yang berkaitan dengan lingkungan

Pernyataan yang menggambarkan sikap ilmiah peduli terhadap lingkungan terdapat pada angka . . . .

a. 1) dan 2
b. 2) dan 3
c. 3) dan 4
d. 4) dan 5
e. 5) dan 6

3. Dani ingin melakukan percobaan mengenai pengaruh pemberian pupuk NPK terhadap pertumbuhan tanaman cabai. Sebelum melakukan percobaan, Dani membuat pertanyaan ”Bagaimana pengaruh pemberian pupuk NPK terhadap pertumbuhan tanaman cabai?”. Kegiatan yang dilakukan Dani tersebut merupakan langkah metode ilmiah, yaitu . . . .

a. pengolahan data
b. pengujian hipotesis
c. perumusan masalah
d. penyusunan hipotesis
e. pengumpulan informasi

4. Seorang peneliti harus memiliki sikap ilmiah berupa mampu membedakan fakta dan opini. Pernyataan yang menunjukkan opini adalah . . . .

a. Penyakit Covid-19 disebabkan oleh Coronavirus.
b. Penyakit Covid-19 menyerang sistem pernapasan manusia.
c. Penyakit Covid-19 kemungkinan hanya menyerang anak-anak.
d. Penyakit Covid-19 ditularkan melalui droplet penderita kepada orang sehat.
e. Penyakit Covid-19 dapat dicegah melalui 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker).

5. Air bekas cucian beras dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman sehingga dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Berdasarkan informasi tersebut, sekelompok peserta didik ingin melakukan penelitian dengan cara memberikan air bekas cucian beras pada tanaman anggrek. Langkah metode ilmiah yang harus dilakukan oleh sekelompok peserta didik tersebut setelah memilih masalah adalah . . . .

a. mengolah dan menganalisis data hasil penelitian yang dilakukan
b. menarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
c. menyusun hipotesis atau jawaban sementara tentang permasalahan yang akan dipecahkan
d. melakukan percobaan dengan menerapkan metode tertentu untuk mendapatkan jawaban secara empiris
e. merumuskan masalah yang akan dipecahkan dengan menyusun berbagai pertanyaan terkait dengan masalah tersebut

6. Pernyataan berikut yang menunjukkan data kualitatif adalah . . . .

a. Panjang akar tanaman bayam sekitar 12 cm
b. Jumlah daun tanaman cabai sekitar lima buah
c. Diameter batang kecambah kedelai sekitar 1 cm
d. Daun jambu biji berbentuk lonjong dan berwarna hijau
e. Pertambahan tinggi kecambah kacang hijau pada hari ke-5 sekitar 3 cm

7. Perhatikan skema urutan penulisan laporan ilmiah berikut

Judul laporan–prakata–I–II–tinjauan pustaka –metode penelitian–hasil dan pembahasan– kesimpulan–III–IV.

Komponen laporan yang ditunjukkan oleh angka I dan III secara berurutan adalah . . . .

a. pendahuluan dan daftar pustak
b. daftar pustaka dan lampira
c. daftar isi dan daftar pustaka
d. lampiran dan pendahulua
e. daftar isi dan pendahuluan

8. Bowo ingin mengamati perkecambahan biji kacang ercis. Sebelum melakukan pengamatan tersebut, Bowo merendam biji kacang ercis dengan empat kelompok perlakuan. Kelompok I biji direndam dengan air biasa, kelompok II biji direndam dengan air panas, kelompok III biji direndam dengan air es, dan kelompok IV biji tidak direndam. Berdasarkan perlakuan tersebut, kelompok kontrol pada percobaan yang dilakukan Bowo adalah . . . .

a. kelompok I
b. kelompok II
c. kelompok III
d. kelompok IV
e. semua kelompok

9. Pasangan yang tepat antara jenis data dan contohnya dalam tabel berikut adalah . . . .

Jenis DataContoh
a.Data kuantitatifDaun ketapang berbentuk lonjong dan berwarna hijau.
b.Data kualitatifRata-rata berat anak itik sekitar 0,5 kg.
c.Data kuantitatifJumlah ayam di kandang sebanyak 15 ekor.
d.Data kualitatifBatang tanaman kedelai ber- tambah tinggi menjadi 7 cm.
d.Data kuantitatifPermukaan daun jeruk halus dan mengilap.

10. Galih mendapatkan tugas untuk melakukan percobaan tentang pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman melon. Namun, karena sesuatu hal tanaman melon percobaan Galih justru mati. Galih merasa malu terhadap hasil percobaannya sehingga dia membuat hasil laporan dengan menuliskan bahwa tanaman melon tumbuh dengan baik dan memiliki daun yang segar. Berdasarkan uraian tersebut, tindakan yang dilakukan Galih bertentangan dengan salah satu sikap ilmiah, yaitu . . . .

a. ulet dan gigi
b. berani mencob
c. bertanggung jawa
d. jujur terhadap fakt
e. berpendapat secara kritis dan ilmiah

Kunci Jawaban

 
Bagian #3

1.
Alat-alat laboratorium di bawah ini yang terbuat dari bahan kaca, yaitu . . . .

a. petridisk, gelas beker, dan autoklaf
b. gelas beker, autoklaf, dan pipet ukur
c. petridisk, gelas beker, dan pipet ukur
d. autoklaf, botol akuades, dan pipet ukur
e. gelas beker, autoklaf, dan botol akuades

2. Siti ingin melakukan percobaan tentang pertumbuhan dan perkembangan biji kacang kedelai. Peralatan laboratorium yang dapat digunakan sebagai tempat media tumbuh biji kacang kedelai adalah . . . .

a. tabung reaksi
b. cawan petri
c. Erlenmeyer
d. gelas ukur
e. gelas arloji

3. Perhatikan beberapa alat laboratorium berikut!

batang-penyebar.webp


Pernyataan yang benar mengenai fungsi alat-alat laboratorium tersebut adalah . . . .

a. Alat I berfungsi memindahkan koloni mikrob ke media yang akan digunakan kembali.
b. Alat II berfungsi memindahkan larutan ke tempat lain supaya tidak tumpah.
c. Alat II berfungsi memindahkan koloni mikrob ke media yang akan digunakan kembali.
d. Alat III berfungsi memindahkan larutan ke tempat lain supaya tidak tumpah.
e. Alat III berfungsi menyebarkan biakan bakteri yang terdapat di atas media pembiakan.

4. Saat ingin membuat insektarium, Yudha terlebih dahulu membuat killing bottle yang berisi bahan kimia berupa kloroform untuk membius serangga. Tindakan pengamanan yang dapat dilakukan Yudha terhadap bahan kimia tersebut adalah . . . .

a. disimpan dalam tempat tertutup yang dilengkapi simbol korosif
b. disimpan terpisah dari bahan-bahan yang mudah terbakar
c. disimpan dalam tempat bersuhu dingin dan berventilasi
d. disimpan dalam botol yang dilengkapi simbol toxic
e. disimpan dalam botol gelap dan tertutup rapat

5. Perhatikan beberapa karakteristik bahan kimia berikut!

1) Mudah menguap dan terbakar jika dekat dengan api.
2) Sebagai pelarut.
3) Sebagai pensteril tempat kerja.

Bahan kimia yang memiliki karakteristik tersebut adalah . . . .

a. asam klorida
b. fenolftalein
c. metanol
d. alkohol
e. eter

6. Dalam percobaan untuk membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan amilum dilakukan pemanasan menggunakan tabung reaksi. Cara memanaskan larutan dalam tabung reaksi yang benar adalah . . . .

a. memanaskan tabung reaksi dengan cara menempatkan bagian bawah tabung reaksi langsung ke api bunsen
b. memanaskan tabung reaksi dengan cara mengarahkan mulut tabung reaksi ke arah praktikan
c. memanaskan dinding samping tabung reaksi dengan sesekali menjauhkan tabung reaksi dari api
d. memegang dinding tabung reaksi mengguna- kan tangan secara langsung
e. menutup tabung reaksi menggunakan tangan secara langsung

7. Ani melakukan praktikum menggunakan bahan kimia yang memiliki sifat beracun (toxic). Simbol yang sesuai ditempelkan pada botol penyimpanan bahan kimia tersebut adalah . . . .


a.
simbol-berbahaya.webp

b.
dapat-membakar-benda-lain.webp

c.
mudah-meledak.webp

d.
mudah-terbakar.webp

e.
bahan-korosif.webp


8. Cermati beberapa perilaku berikut!

1) Banyak bercanda.
2) Tidak fokus atau konsentrasi.
3) Kurang perhatian terhadap prosedur kerja.
4) Sering bertanya tentang cara penggunaan alat.
5) Mencampur bahan kimia sesuai takaran.

Perilaku yang dapat mengakibatkan kasus kecelakaan kerja di laboratorium terdapat pada angka . . . .

a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)

9. Sekelompok peserta didik ingin melakukan penanaman eksplan kultur jaringan. Kegiatan tersebut memerlukan kondisi yang aseptik sehingga diperlukan alat khusus. Alat laboratorium yang diperlukan untuk melakukan kegiatan tersebut ditunjukkan oleh gambar . . . .

Alat-laboratoratorium.webp


10. Pasangan yang benar antara alat laboratorium beserta fungsinya dalam tabel berikut adalah . . .

alat-laboratorium-dan-fungsinya.webp


Kunci Jawaban

 
Bagian #4

1.
Di Desa Rindudamai terjadi wabah penyakit yang menyerang ayam-ayam milik warga. Ayam- ayam tersebut mengalami infeksi pada saluran pernapasan. Akibatnya, banyak ayam yang mati mendadak. Kematian ayam tersebut ternyata disebabkan oleh penyakit flu burung. Oleh karena itu, wabah penyakit tersebut perlu ditangani oleh para ahli di bidang . . . .

a. Botani
b. Zoologi
c. Virologi
d. Mikologi
e. Bakteriologi

2. Mikologi merupakan cabang Biologi yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produk yang ditunjukkan oleh gambar . . . .
a.
pembuatan-kecap-memanfaatkan-%20jamur.webp


b.
yoghurt-dibuat-dengan-memanfaatkan-bakteri.webp


c.
nata-memanfaatkan-bakteri-Acetobacter-xylinum.webp


d.
antibiotik-tetrasiklin-dibuat-dengan-bakteri-Streptomyces.webp


e.
antibiotik-polimiksin-dibuat-dengan-bakteri-Bacillus-polymyxa.webp


3. Aktivitas berikut yang sesuai dengan ciri-ciri Biologi sebagai ilmu adalah . . . .

a. Sukidi menyelesaikan permasalahan melalui eksperimen sederhana
b. jika banyak burung beterbangan di langit menunjukkan akan turun hujan
c. Pak Bowo menyimpulkan bahwa seluruh hewan yang hidup di air termasuk dalam kelompok ikan
d. seorang peserta didik menyimpulkan bahwa sakit perut yang dialaminya akibat mengonsumsi jajanan di kantin
e. Pak Yanto menemukan buah jambu biji yang membusuk di pohon dan menyimpulkan bahwa tanaman jambu biji tersebut perlu disiram

4. Perhatikan gambar berikut!

sel-tumbuhan-dan-sel-hewan.webp


Dalam kajian Biologi, gambar tersebut dipelajari pada organisasi kehidupan tingkat . . . .

a. sel
b. organ
c. jaringan
d. individu
e. sistem organ

5. Andi dan Aldo ingin melakukan percobaan untuk mengamati perkecambahan biji kedelai. Mereka menggunakan tiga jenis media tanam yang berbeda, yaitu cawan petri yang diberi tisu basah, cawan petri yang diberi tisu kering, dan cawan petri yang tidak diberi tisu sama sekali. Selanjutnya, biji kedelai dimasukkan ke dalam tiga media tanam tersebut, lalu diletakkan di tempat dengan intensitas cahaya yang sama. Pengamatan tersebut dilakukan selama satu minggu. Berdasarkan percobaan yang dilakukan Andi dan Aldo, variabel terikatnya adalah . . . .

a. perkecambahan biji kedelai
b. ukuran biji kedelai
c. jenis media tanam
d. lama pengamatan
e. intensitas cahaya

6. Karier berbasis Biologi yang mengaplikasikan ilmu tentang kehidupan hewan dan peranannya dalam kehidupan adalah . . . .

a. dokter
b. ahli gizi
c. parasitolog
d. ahli zoologi
e. ahli genetika

7. Seorang peserta didik melakukan penelitian mengenai pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman jagung. Setelah mengumpulkan informasi dari berbagai referensi, peserta didik tersebut menyatakan bahwa tanaman jagung yang diberi pupuk kandang akan tumbuh lebih subur daripada tanaman jagung yang tidak diberi pupuk kandang. Pernyataan tersebut termasuk . . . .

a. eksperimen
b. kesimpulan
c. observasi
d. hipotesis
e. masalah

8. Perhatikan gambar berikut!

mudah-meledak.webp


Bahan kimia berikut yang ditempatkan dalam botol penyimpanan dengan simbol seperti gambar tersebut adalah . . . .

a. amonium nitrat
b. uranium
c. benzena
d. merkuri
e. sianida

9. Saat melakukan kegiatan praktikum menggunakan pembakar spiritus, seorang peserta didik tanpa sengaja menyenggol pembakar spiritus tersebut. Akibatnya, tangan peserta didik mengalami luka bakar. Namun, luka bakar yang dialami peserta didik tersebut hanya luka kecil saja. Langkah pertolongan pertama yang tepat untuk menangani luka peserta didik tersebut adalah . . . .

a. diolesi dengan antikuman, lalu dibalut dengan kasa steril
b. dibilas dengan larutan natrium bikarbonat 1%
c. diolesi dengan lendir tanaman lidah buaya
d. dicuci dengan air sebanyak-banyaknya
e. dibilas dengan larutan asam borat 1%

10. Dalam laporan ilmiah, bagian tinjauan pustaka berisi . . . .

a. sumber-sumber yang digunakan sebagai
acuan dalam menunjang penelitian
b. latar belakang penelitian, rumusan masalah, dan tujuan penelitian
c. teori-teori yang berkaitan dengan topik penelitian dan hipotesis
d. data dan fakta yang diperoleh selama penelitian
e. simpulan dari keseluruhan hasil penelitian

Kunci Jawaban

 
Bagian #5

1.
Dalam percobaan menguji kandungan glukosa dalam bahan makanan diperlukan alat pembakar dan larutan bahan kimia. Alat pembakar dan larutan bahan kimia yang digunakan dalam percobaan tersebut secara berurutan adalah . . . .

a. termometer dan asam klorida
b. lampu bunsen dan Benedict
c. lampu bunsen dan akuades
d. tabung reaksi dan akuades
e. termometer dan Benedict

2. Setelah selesai melakukan kegiatan praktikum, Rifky mempresentasikan hasilnya di depan kelas. Pada saat presentasi, Rifky merasa tersinggung dan marah ketika hasil penelitiannya disanggah oleh temannya. Tindakan yang dilakukan Rifky tersebut bertentangan dengan sikap ilmiah seorang peneliti, yaitu . . . .

a. berpendapat secara kritis dan ilmiah
b. terbuka dan fleksibel
c. jujur terhadap fakta
d. berani mencoba
e. ulet dan gigih

3. Perhatikan beberapa alat laboratorium berikut!

1) Penjepit tabung reaksi
2) Mortar
3) Pinset
4) Tabung reaksi
5) Skalpel
6) Kaki tiga

Alat-alat laboratorium yang terbuat dari bahan besi terdapat pada angka . . . .

a. 1), 2), dan 4)
b. 1), 2), dan 5)
c. 2), 4), dan 6)
d. 3), 4), dan 5)
e. 3), 5), dan 6)

4. Seorang petani anggrek melakukan percobaan tentang pengaruh penyemprotan hormon giberelin terhadap pertumbuhan tanaman anggrek bulan. Tanaman anggrek bulan di pot X disemprot hormon giberelin, sedangkan tanaman anggrek bulan di pot Y disemprot air biasa tanpa hormon giberelin. Hipotesis yang tepat dalam percobaan tersebut adalah . . . .

a. tanaman anggrek bulan di pot X akan tumbuh kerdil daripada tanaman anggrek bulan di pot Y
b. tanaman anggrek bulan di pot X akan berbunga lebih cepat daripada tanaman anggrek bulan di pot Y
c. tanaman anggrek bulan di pot X akan berbunga lebih indah daripada tanaman anggrek bulan di pot Y
d. tanaman anggrek bulan di pot X akan bercabang lebih banyak daripada tanaman anggrek bulan di pot Y
e. tanaman anggrek bulan di pot X akan memiliki akar lebih lebat daripada tanaman anggrek bulan di pot Y

5. Perhatikan informasi berikut!

”Tanaman Adenium merupakan tanaman hias yang berbunga cantik. Batang tanaman ini jarang bercabang banyak sehingga bunga yang dihasilkan pun tidak banyak. Hormon sitokinin merupakan hormon yang dapat mengakibatkan munculnya cabang-cabang baru pada batang. Oleh karena itu, pada suatu percobaan dilakukan penyemprotan hormon sitokinin terhadap tanaman Adenium”.

Rumusan masalah yang tepat berdasarkan percobaan tersebut adalah . . . .

a. Apakah hormon sitokinin dapat meningkatkan jumlah cabang pada batang tanaman Adenium?
b. Kapan cabang-cabang pada batang tanaman Adenium muncul?
c. Percabangan tanaman Adenium memerlukan waktu lama.
d. Berapa banyakkah hormon sitokinin yang disemprotkan ke tanaman Adenium?
e. Tanaman Adenium dapat berbunga banyak.

6. Anisa akan melakukan pengamatan terhadap organ-organ dalam pada tubuh mencit. Agar dapat mengamati organ dalam mencit, Anisa harus membedah mencit tersebut. Perlakuan yang tepat dilakukan sebelum pembedahan tubuh mencit adalah . . . .

a. pemotongan ekor mencit
b. pemotongan alat gerak mencit
c. pemberian makan yang cukup
d. pembiusan menggunakan eter
e. tidak diberi makan dan minum selama beberapa menit

7. Perhatikan grafik berikut!

grafik dicantumkan pada bagian


Dalam menyusun laporan ilmiah, grafik tersebut dicantumkan pada bagian . . . .

a. metode penelitian
b. tinjauan pustaka
c. daftar pustaka
d. pendahuluan
e. lampiran

8. Apabila mata terkena bahan kimia bersifat asam saat melakukan kegiatan praktikum, langkah pertama yang harus dilakukan adalah . . . .

a. menutup mata menggunakan kapas dan memeriksakan diri ke dokter
b. mencuci mata dengan cairan pencuci mata dan 1% natrium bikarbonat
c. mencuci mata dengan air secara terus-menerus dan mengucek mata
d. mencuci mata dengan cairan pencuci mata dan 1% asam borat
e. mengolesi mata dengan lendir tanaman lidah buaya

9. Dalam penggunaannya, natrium tidak boleh dicampur dengan air. Hal ini dikarenakan natrium termasuk bahan kimia yang bersifat . . . .

a. korosif sehingga menimbulkan kerusakan pada jaringan tubuh manusia
b. mudah meledak (eksplosif) pada kondisi tertentu
c. mudah terbakar jika dekat dengan sumber api
d. racun bagi tubuh apabila terisap atau tertelan
e. sebagai pengoksidasi (dapat membakar bahan lain)

10. Perhatikan gambar berikut!

bahan-korosif.webp


Simbol pada gambar tersebut ditempelkan pada bahan kimia misalnya . . . .

a. eter
b. NaOH
c. alkohol
d. kloroform
e. asam klorida

Kunci Jawaban

 

Anggota online

Tak ada anggota yang online sekarang.
Back
Top
AdBlock Detected

Ups!, Pemblokir iklan Anda aktif.

Untuk pengalaman situs terbaik, harap nonaktifkan AdBlocker Anda karena pemblokir iklan juga memblokir fitur-fitur bermanfaat dari situs web kami.

Saya telah menonaktifkan AdBlock.