Penggunaan Hasil Asesmen Menyiapkan Asesmen SMP - SMA/SMK/ Paket B-C

Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.

Samsul

Alumni Keperawatan
Guru
4 Jan 2023
98
42
62
18
kunci-jawaban-asesmen-post-test-merdeka-mengajar.png

Daftar Materi

Merencanakan Tindak lanjut Asesmen

Aktivitas
  • Merencanakan Tindak Lanjut Asesmen
  • Contoh 1 Merencanakan Tindak Lanjut Asesmen
  • Contoh 2 Merencanakan Tindak Lanjut Asesmen
  • Latihan Pemahaman

Umpan Balik

Aktivitas
  • Memberikan Umpan Balik
  • Latihan Pemahaman

Mengolah dan Melaporkan Hasil Asesmen

Aktivitas
  • Mengolah Hasil Asesmen dalam Satu Tujuan Pembelajaran
  • Contoh Pengolahan Hasil Asesmen dalam Satu Tujuan Pembelajaran
  • Mengolah Hasil Asesmen untuk Rapor
  • Contoh Pengolahan Hasil Asesmen untuk Rapor
  • Menulis Deskripsi Rapor
  • Pelaporan Belajar oleh Murid
  • Mekanisme Kenaikan Kelas dan Kelulusan
  • Latihan Pemahaman

Post Test
 
Terakhir diedit:
  • Like
Reactions: Waji
Pengolahan nilai akhir didapatkan dari data ....

a. Asesmen formatif
b. Asesmen sumatif
c. Asesmen formatif dan sumatif
d. Dapat asesmen formatif atau asesmen sumatif bergantung pada pertimbangan satuan pendidikan

Jawaban: b. Asesmen sumatif
 
  • Like
Reactions: Waji
Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan.

- Benar.
- Salah.

Jawaban: Benar.
 
  • Like
Reactions: Waji
Penulisan deskripsi di rapor murid berdasarkan pada ...
a. Capaian Pembelajaran
b. Alur tujuan pembelajaran
c. Poin penting dari materi yang sudah diberikan
d. Semua benar

Jawaban: d. Semua benar.
 
  • Like
Reactions: Waji and Iklima
Pak Karsan adalah Kepala Sekolah SMP lnsan Maju. Mendekati akhir semester, ia mendapati isu bahwa mayoritas orang tua dalam keterlibatan belajar anak masih rendah. Respon dalam grup chat pun rendah karena mayoritas orang tua sibuk bertani. Sebagian murid juga masih kurang inisiatif untuk berkomunikasi dengan orang tuanya mengenai hambatan belajarnya. Keterlibatan orang tua paling tinggi yaitu saat pembagian rapor.

Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya strategi apa yang paling tepat Pak Karsan terapkan di sekolahnya?

a. Menghimbau guru untuk menyampaikan masalah ini dengan orang tua saat pembagian rapor
b. Membuat portofolio untuk divariasikan bersamaan dengan pembagian rapor
c. Mengadakan pameran karya murid saat pembagian rapor
d. Mengadakan konferensi belajar antara guru, murid, dan orang tua saat pembagian rapor

Jawaban: d
 
  • Like
Reactions: Waji and Iklima
Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring
berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan.

- Benar
- Salah

Jawaban: benar.
 
  • Like
Reactions: Waji
Perhatikan cuplikan percapakan guru Bahasa Indonesia dan siswa berikut.

Guru: "Menurutmu, adakah yang bisa ditambahkan pada teks argumentasi buatanmu?

Murid: "Hmm... judul?

Guru: "Ya, menambahkan judul akan memudahkan pembaca mengetahui topik apa yang mau kamu angkat. Bagaimana
dengan sumber fakta yang kamu sampaikan?

Murid: "Oh, iya benar Bu! Aku lupa belum kasih referensi"

a. Klarifikasi
b. Nilai
c. Perhatian
d. Saran
e. Apresiasi

Jawaban: Saran
 
  • Like
Reactions: Waji
Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas Xl pada mata pelajaran Kimia di awal tahun ajaran baru berikut.
  • Mayoritas murid sudah memahami cara jenis dan cara menuliskan reaksi kimia.
  • Mayoritas murid sudah memahami teori hukum dasar kimia.
  • Mayoritas murid tidak bisa menyelesaikan studi kasus aplikasi hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?

a. Mengubah rencana pembelajaran di awal untuk beberapa pertemuan menjadi berfokus pada penerapan.

b. Bisa memulai pembelajaran di fase F karena sebagian besar murid sudah memahami konsep dasar. Bagi murid yang belum memahami diberikan latihan tambahan.

c. Masuk memulai pembelajaran di fase F dan memberikan murid bahan ajar-bahan ajar tambahan mengenai penerapan ilmu kimia untuk murid pelajari secara mandiri.

d. Bisa memulai pembelajaran di fase F dan mencoba mengundang narasumber kimia ke sekolah untuk menjelaskan penerapan hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban: a.
 
  • Like
Reactions: Waji and Iklima
Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
  1. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.
  2. Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.
  3. Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.
  4. Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan teman-temannya.
  5. Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar.

Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?

a. 1 dan 3
b. 2 dan 4
c. 3 dan 5
d. 2 dan 3
e. 1 dan 5

Jawaban: b. 2 dan 4
 
  • Like
Reactions: Waji and Iklima
Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan.

- Benar.
- Salah.

Jawaban: Benar.
 
  • Like
Reactions: Waji
Di bawah ini yang bukan prinsip pola pikir bertumbuh adalah..

  • Kesalahan merupakan kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi
  • Kecerdasan dan bakat bersifat tetap dan bawaan lahir
  • Umpan balik yang tepat berpengaruh pada motivasi belajar
  • Setiap orang itu unik, memiliki peta jalan belajar yang berbeda, dan tidak perlu membandingkannya dengan orang lain

Jawaban: Kecerdasan dan bakat bersifat tetap dan bawaan lahir
 
  • Like
Reactions: Waji and Iklima
Salah satu bentuk tindak lanjut dari hasil asesmen adalah mengubah strategi belajar.

- Benar
- Salah

Jawaban: Benar.
 
  • Like
Reactions: Waji and Iklima
Pak @Samsul , saya harus menutup utas ini. Mohon untuk tidak menerbitkan lagi kunci jawaban post-test dari pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar. Jika Anda ingin mengajukan banding atas penutupan utas ini silahkan hubungi kami melalui tautan kontak.

Terima kasih.
 
Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.

Anggota online

Tak ada anggota yang online sekarang.

Tentang Kami

  • Dewan Guru adalah sebuah situs forum diskusi yang bertujuan untuk menyediakan ruang diskusi antara guru dan murid pada berbagai jenjang pendidikan, dari PAUD hingga SMK. Situs ini menyediakan berbagai kategori forum yang terkait dengan pelajaran pada setiap jenjang pendidikan, serta forum khusus untuk tugas dan PR. Para guru dan murid dapat bergabung dalam forum dan berdiskusi tentang cara mengajar atau belajar yang efektif, membagikan pengalaman dan ide, serta mendapatkan bantuan atau saran dari yang lain. Dengan adanya Dewan Guru, diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan mempermudah akses untuk mendapatkan informasi serta solusi dalam belajar dan mengajar.

User Menu

AdBlock Detected

Kami mengerti, iklan-iklan mungkin mengganggu!

Tentu, pemblokir iklan melakukan pekerjaan yang baik dalam memblokir iklan, tetapi juga memblokir fitur-fitur bermanfaat dari situs web kami. Untuk pengalaman situs terbaik, harap nonaktifkan AdBlocker Anda.

Saya telah menonaktifkan AdBlock.