Pengaturan Struktur Kurikulum Merdeka SMK tertuang dalam SK Mendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran.
Struktur kurikulum merdeka SMK mengatur beban belajar untuk setiap muatan atau mata pelajaran dalam jam pelajaran (JP) tahunan dan/atau per 3 tahun atau per 4 tahun. Pengaturan seperti ini kita kenal dengan sistem blok. Ini memungkinkan setiap satuan pendidikan dapat mengatur pembelajaran mereka secara fleksibel di mana alokasi waktu setiap pekan tidak selalu sama dalam 1 tahun.
Kurikulum SMK/MAK memiliki karakteristik tersendiri, sehingga perlu pembagian yang lebih detail.
Struktur Kurikulum Merdeka terbagi menjadi 2 kegiatan.
Kegiatan pembelajaran intrakurikuler di setiap mata pelajaran mengacu pada capaian pembelajaran. CP diatur oleh SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) No. 57 Tahun 2022.

Profil Pelajar Pancasila terdiri dari 6 dimensi yaitu:
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan sekitar 30% dari total JP per tahun. Sistemnya dilakukan secara fleksibel, baik muatan maupun waktu pelaksanaan.
Spektrum Keahlian adalah daftar bidang dan program keahlian SMK di mana penyusunannya berdasarkan pada kebutuhan dunia kerja yang meliputi: dunia usaha, dunia
industri, BUMN/D, instansi pemerintah atau lembaga lainnya serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.
Spektrum Keahlian SMK/MAK merupakan pedoman penyusunan struktur kurikulum serta pembukaan dan penyelenggaraan bidang dan program keahlian pada SMK.
Setiap program keahlian terdiri atas minimum 1 konsentrasi keahlian.
Konsentrasi keahlian diselenggarakan dalam program 3 tahun atau program 4 tahun diatur lebih lanjut dalam keputusan pemimpin unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan.
Struktur kurikulum merdeka SMK mengatur beban belajar untuk setiap muatan atau mata pelajaran dalam jam pelajaran (JP) tahunan dan/atau per 3 tahun atau per 4 tahun. Pengaturan seperti ini kita kenal dengan sistem blok. Ini memungkinkan setiap satuan pendidikan dapat mengatur pembelajaran mereka secara fleksibel di mana alokasi waktu setiap pekan tidak selalu sama dalam 1 tahun.
Kurikulum SMK/MAK memiliki karakteristik tersendiri, sehingga perlu pembagian yang lebih detail.
Kegiatan Pembelajaran Utama di SMK
Struktur Kurikulum Merdeka terbagi menjadi 2 kegiatan.
Pembelajaran Intrakurikuler
Kegiatan pembelajaran intrakurikuler di setiap mata pelajaran mengacu pada capaian pembelajaran. CP diatur oleh SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) No. 57 Tahun 2022.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Profil Pelajar Pancasila terdiri dari 6 dimensi yaitu:
- Dimensi Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
- Berkebinekaan Global
- Gotong Royong
- Mandiri
- Bernalar
- Kreatif
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan sekitar 30% dari total JP per tahun. Sistemnya dilakukan secara fleksibel, baik muatan maupun waktu pelaksanaan.
- Muatan. Projek harus mengacu pada capaian 3P sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran.
- Waktu. Projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.
Spektrum Keahlian SMK atau MAK
Spektrum Keahlian adalah daftar bidang dan program keahlian SMK di mana penyusunannya berdasarkan pada kebutuhan dunia kerja yang meliputi: dunia usaha, dunia
industri, BUMN/D, instansi pemerintah atau lembaga lainnya serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.
Spektrum Keahlian SMK/MAK merupakan pedoman penyusunan struktur kurikulum serta pembukaan dan penyelenggaraan bidang dan program keahlian pada SMK.
Setiap program keahlian terdiri atas minimum 1 konsentrasi keahlian.
Konsentrasi keahlian diselenggarakan dalam program 3 tahun atau program 4 tahun diatur lebih lanjut dalam keputusan pemimpin unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan.
Teknologi Konstruksi dan Properti
- Teknik Perawatan Gedung
- Konstruksi dan Perawatan Bangunan Sipil
- Teknik Konstruksi dan Perumahan
- Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan
- Teknik Furnitur
Teknologi Manufaktur dan Rekayasa
- Teknik Mesin
- Teknik Otomotif
- Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam
- Teknik Logistik
- Teknik Elektronika
- Teknik Pesawat Udara
- Teknik Konstruksi Kapal
- Kimia Analisis
- Teknik Kimia Industri
- Teknik Tekstil
Energi dan Pertambangan
- Teknik Ketenagalistrikan
- Teknik Energi Terbarukan
- Teknik Geospasial
- Teknik Geologi Pertambangan
- Teknik Perminyakan
Teknologi Informasi
- Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim
- Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
- Layanan Kesehatan
- Teknik Laboratorium Medik
- Teknologi Farmasi
- Pekerjaan Sosial
Agribisnis dan Agriteknologi
- Agribisnis Tanaman
- Agribisnis Ternak
- Agribisnis Perikanan
- Usaha Pertanian Terpadu
- Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian
- Kehutanan
Kemaritiman
- Teknika Kapal Penangkapan Ikan
- Nautika Kapal Penangkapan Ikan
- Teknika Kapal Niaga
- Nautika Kapal Niaga
Bisnis dan Manajemen
- Pemasaran
- Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis
- Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Pariwisata
- Usaha Layanan Pariwisata
- Perhotelan
- Kuliner
- Kecantikan dan Spa
Seni dan Ekonomi Kreatif
- Seni Rupa
- Desain Komunikasi Visual
- Desain dan Produksi Kriya
- Seni Pertunjukan
- Broadcasting dan Perfilman
- Animasi
- Busana